Cara Menyusun Program Tahunan Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar

Cara Menyusun Program Tahunan Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar ini akan menjadi bahasa pada postingan kali ini. Setiap guru wajib menyusun Perangkat Pembelajaran sebelum ia mengajar dikelas diawal tahun. Perangkat tersebut diantaranya Silabus, Prota, Promes, RPP, dan perangkat pelengkap lainnya. 

Prota adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Untuk menyusun Prota tersebut harus diketahui dulu jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Langkah langkah menyusun Prota dan Promes

Langkah-langkah Menyusun Prota (Program Tahunan) Semua Mata Pelajaran :
  1. Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan. Kalender Pendidikan 2018/2019
  2. Menelaah jumlah Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran.
  3. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
  4. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam KD, Materi Pokok, dan Sub Materi Pokok. Penentuan alokasi waktu harus mempertimbangkan: jumlah jam pelajaran, struktur kurikulum, dan tingkat kedalaman materi yang harus dikuasai peserta didik.


Berikut Dokumen yang diperlukan dalam perancangan Prota :
  1. Kalender Akademik (Download Kalender Pendidikan 2017/2018)
  2. Struktur Kurikulum (Dokumen 1)
  3. Kompetensi Dasar (Download KD)
  4. Silabus (Download Silabus)

Semoga Cara Menyusun Program Tahunan Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar ini dapat anda realisasikan, dalam arti tidak hanya sekedar memenuhi tuntutan administrasi semata. Segala kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan banyak administrasi sekolah secara lengkap khususnya Program Kerja Sekolah dan umumnya Perangkat Pembelajaran, Administrasi TU, Administrasi Kepala Sekolah dan Wakasek, dan segala administrasi lainnya yang dibutuhkan sekolah, baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.

0 Response to "Cara Menyusun Program Tahunan Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar"

Posting Komentar